Rabu, 09 Juli 2014

Awas Ada Buto Ijo



Hay sobat Susuk,,, ketemu lagi bersama kami rekan-rekan kuliner Kota Solo. Kota Solo dikenal dengan ragam kulinernya yang khas, baik berupa makanan maupun minuman. Jika anda pecinta kuliner tentu sudah banyak tahu apa saja makanan dan minuman khas asal kota yang terkenal dengan sebutan kota budaya ini.
Kini ada satu lagi minuman yang tak kalah menyegarkan yang wajib Anda cicipi. Namanya Es “Buto Ijo”. Bagi yang baru pertama mendengarnya pasti akan penasaran. Seperti apa sich bentuk es tersebut? Kok namanya sangar dan mengerikan, membuat siapa saja yang mendengar pasti bertanya-tanya. 

Mendengar namanya saja asumsi kita pasti es-nya porsi besar dan berwarna hijau. Atau bahkan kita mengira penjualnya berbadan besar seperti buto. Tetapi rasa penasaran Anda akan terjawab ketika datang dan melihat sendiri.  Kuliner yang setiap hari buka pukul 09:00 – 15:00 adalah kuliner yang paling sensasional dengan rasa segar yang  membuat ketagihan. Tempatnya tidak jauh dari Kampus Institut Agama Negeri Islam (IAIN) Surakarta. Tepatnya di pesisir jalan sebelah barat gerbang pintu masuk kampus.
Menurut Puji Astuti penjual “Es Buto Ijo” nama itu sendiri diambil dari nama Bu Jito berasal dari Kediri yang kesehariannya dipanggil “Bu-To”. Sedangkan nama “Ijo” diambil dari warna khas sirup es yang berwarna hijau dalam bahasa jawa disebut ijo. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat semangkuk es Buto Ijo adalah buah melon, jeli merah, puding putih, rumput laut, nata de coco, mutiara dan yang tidak boleh ketinggalan telasih. Telasih sendiri berasal dari biji bunga kengangi yang direndam sehari menggunakan air. Untuk pemanisnya menggunakan gula asli, dan warna hijau menggunakan sari warna yang berasal dari daun suji atau pandan. Sehingga, dijamin es ini dijamin aman dan sehat untuk dikonsumsi.
Kini, setiap harinya Es Buto Ijo terjual 100-150 mangkuk . Di balik kesabaran sang penjual sekarang “Es Buto Ijo” bisa terkenal. Bagi penikmat kuliner es,  jangan khawatir, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena untuk dapat menikmatinya cukup dengan harga Rp.5.000,- per porsi. Bagi yang ingin mencoba sensasi Es Buto Ijo ini silahkan datang, karena persediaan terbatas. Srutup-srutup sueger.....


Reporter & foto : Inna Surya
Editor : Chelin Indra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar